Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Deo Reiki

Pengertian Kundalini Dan Cara Pengaktifan / Pembangkitannya


Energi Kundalini: Apa itu dan Bagaimana Membangkitkannya Dalam Diri Anda ?

 


Namanya banyak. Wanita Batin, Kekuatan Ular, Kundalini Shakti. Hadir dalam banyak tradisi esoterik, Kundalini mengacu pada energi yang melingkar di dasar tulang belakang. Itu sudah ada sejak lahir, dan pada kebanyakan dari kita, itu tertidur. Di satu sisi, ini seperti kabel dengan titik colokan yang mungkin tidak menemukan soket energinya. Saat ini, banyak yang mencari soket ini melalui latihan seperti yoga kundalini, yoga hatha, dan tantra.
Konsep Kundalini hadir dalam Upanishad, teks Sansekerta dengan konsep dan ide filosofis esensial Hinduisme. Beberapa dari konsep ini juga dimiliki oleh Buddhisme. Tidak heran jika kata ini muncul dalam tantra: secara tradisional, tantra berasal dari tangan esoterik Hindu dan Buddha. Tetapi energi  sama ada dalam tradisi yang berbeda, dengan nama yang berbeda. Di Kabbalah, misalnya, disebut Shekhinah.
Energi mistik ini digambarkan sebagai ular melingkar dengan kepala di kedua ujungnya; seekor ular  dapat bertindak secara kreatif, atau merusak. Perbandingan ular sama sekali bukan kebetulan: racun ular dapat merenggut nyawa seseorang, tetapi jika disiapkan dengan benar, dapat menyelamatkan seseorang dari penyakit parah.

Jenis energi apakah Kundalini itu?


Kundalini adalah kekuatan hidup tertinggi. Kekuatan kreatif, energi feminin ilahi. Pengertian secara sederhana, itu adalah "api suci" di dalam kita. Sangat sederhana, namun sangat abstrak. Begitu diaktifkan, energi ini terasa seperti api cair: listrik, tak lekang oleh waktu, melumpuhkan.

Ketika manusia mengaktifkan energi ini, ia mengalir di dalam diri menyerupai bentuk ular yang bergelombang: melengkung dari pangkal tulang belakang, ke usus, lalu ke jantung dan ke kepala.

Saat energi mengalir melalui "pipa" ini, ia melewati semua chakra, memberikan masing-masing "dorongan" saat energi mengaktifkannya (baik kundalini dan chakra hidup di tubuh halus), sampai ke kepala, cakra mahkota. Ia juga melewati nadi (“pipa” energi di tubuh kita yang memungkinkan energi mengalir). Hasilnya adalah keadaan kesadaran yang diperluas.

    “Ketika dewi tidur Kundalini dibangunkan melalui rahmat guru, maka semua bunga teratai halus dan ikatan duniawi siap ditembus. Biarlah orang bijak dengan kekuatan dan ketegasan menarik dewi Kundalini, karena Dia adalah pemberi semua kekuatan ajaib. " Siwa Samhita
Okelah, kekuatan hidup… tapi saya hidup. 

Apa spesialnya dari Kundalini?

Dalam tradisi seperti tantra di mana Kundalini sering disebut sebagai Shakti, tujuan dari latihan ini adalah agar energi naik sampai ke kepala, karena di sanalah berada energi Dewa Siwa. Ini mewakili penyatuan energi feminin dan maskulin, membawa kita keluar dari dualitas, dan kembali ke keadaan keilahian kita sendiri. Itu adalah ekstasi paling murni dari persatuan. Pekerjaan serupa ditemukan di Kabbalah: Shekhinah akan bangkit dan bergabung dengan Eheieh.

    “Wanita batin, memasuki 'jalan kerajaan', beristirahat dengan interval di pusat rahasia. Akhirnya Dia memeluk Tuhan Yang Maha Esa dengan bunga teratai di kepalanya. Dari penyatuan itu mengalir nektar indah yang membanjiri dan meresap ke dalam tubuh; maka Malcolm yang tak terlukiskan dialami. " Anandagiri

Ketika energi kundalini naik dengan mengaktifkan setiap cakra, hal itu memperluas pengalaman spiritual mistis, mengubah kita di sepanjang jalan. Di satu sisi, semakin banyak energi naik dan chakra  diaktifkan, semakin menyatu dengan alam semesta dan kesadaran kosmik.

Karena potensi pencerahan spiritual dan kesadaran yang lebih tinggi, peningkatan kekuatan ular sangat dicari. Ini juga berarti bahwa kebangkitan kundalini menjadi jalan sekaligus tujuan. Efek dari kebangkitan energi ini termasuk rasa hidup yang lebih tinggi, kreativitas, dan dukungan untuk mencapai potensi penuh kita.

    “Dewi agung Kundalini, energi primordial diri, tidur di wilayah seksual tubuh. Dia memiliki bentuk  seperti ular, memiliki tiga setengah gulungan. Selama dia tetap tertidur, jiwa individu (Siwa) terbatas dan pengetahuan sejati tidak muncul. Tetapi seperti kunci yang tepat membuka pintu tertentu, demikian pula Hatha Yoga membuka pintu Kundalini, memungkinkan diri untuk mengalami Brahma dan memperoleh Pembebasan. ” Gheranda Samhita
Bahaya dan Jebakan

Kundalini, kekuatan hidup tertinggi, adalah kekuatan kreatif yang murni. Tapi apa yang bisa menciptakan juga bisa menghancurkan. Pantas saja Kundalini sering diwakili oleh ular: racunnya bisa membunuh manusia. Tetap saja, ketika mengungkap misterinya, itu bisa menyelamatkan dari penyakit.

Bagi pencari misteri spiritual dalam seksualitas, bekerja dengan kundalini adalah yang terpenting. Namun, seks bekerja sama seperti ular: ia dapat menyandera atau memberdayakan manusia. Bagaimanapun, orang berada di alam dualitas, di mana semua ekstrem hidup berdampingan.

Ketajaman dan kerendahan hati diperlukan dalam segala jenis pekerjaan energik jika tidak ingin terbakar.

Tidak semua sinar matahari dan pelangi


Kebangkitan tidak terjadi secara bertahap. Tidak, kundalini tidak sedikit lebih terjaga dari hari ke hari, memberi kita waktu untuk menyesuaikan diri. Ini tentang lompatan kuantum dalam kesadaran murni. Apakah Anda mengalami sesuatu tahapan dan ringan, sedikit percikan di sana-sini? Maka kemungkinan besar itu adalah energi lain daripada energi kundalini. Tidak ada kekurangan energi di dalam tubuh. Terkadang energi mengalir untuk mempersiapkan jalan bagi kebangkitan kundalini di masa depan. Terkadang, manusia mengatakan pada diri sendiri bahwa kundalini meningkat karena itu membuat orang merasa sedang berkembang. Itu membuat manusia bangga, bahkan membuat merasa superior. Sayangnya, spiritualitas sering kali tidak berjalan seiring dengan perkembangan pribadi.

Untuk mengejar lebih banyak kesenangan dan status, banyak manusia mengejar kebangkitan Kundalini untuk memberi makan citra diri mereka. Ingat, kesombongan adalah milik ego, musuh utama latihan spiritual. Memiliki kebangkitan kundalini dengan ego yang besar adalah resep untuk banyak penderitaan. Itulah mengapa banyak praktisi fokus membersihkan wadah mereka.

    “Sebelum mengaktifkan kundalini, Anda sebaiknya mempunyai deha suddhi (kemurnian tubuh), nadi suddhi (kemurnian nadi), manas suddhi (kemurnian pikiran), dan buddhi suddhi (kemurnian akal).” Swami Sivananda
Sekali lagi, metafora ular memiliki arti yang jelas: kebangkitan memaksa pengelupasan kulit kita dan mengungkapkan diri kita yang terdalam. Siapkah kita menyambut penghancuran citra diri kita, hancurnya diri individu?

Bagi mereka yang tidak siap, ini bisa menakutkan dan bahkan menghancurkan. Kundalini dapat mendatangkan malapetaka, memicu gempa bumi internal. Kebangkitannya bisa menjadi tamparan di wajah. Perubahan signifikan datang dalam berbagai tingkatan: kapasitas fisik, emosional, sensasi, dan psikis. Apa yang membahagiakan bagi sebagian orang, adalah mimpi buruk bagi orang lain. Begitu kebangkitan datang, tidak mungkin untuk menghindari bagian-bagian dari kita yang telah kita tinggalkan di bawah karpet.

Terlebih lagi, kapan dan jika kebangkitan terjadi di luar kendali kita. Artinya itu bisa terjadi tanpa kemauan seseorang, atau ketika seseorang masih jauh dari siap. Manusia dimana belum pernah mendengar tentang kundalini sebelumnya dan tidak memiliki latihan spiritual, dapat mengalami kebangkitan. Kadang-kadang, mereka dibawa ke neraka eksistensial.

Dalam skenario seperti itu, pengalaman tersebut dapat lebih terkait dengan masalah narkoba  atau gangguan psikotik. Saya memiliki seorang teman yang kundalininya terbangun dengan cara yang agak disayangkan. Dia berhubungan seks dengan seorang wanita berbakat spiritual yang memberinya Shaktipat tanpa berbicara dengannya terlebih dahulu. Itu adalah contoh nyata dari manusia dimana ia suka menyalahgunakan kekuasaannya. Selama berbulan-bulan teman saya mengalami episode, kejang, dan penglihatan acak. Pertama, dia mengira dia sakit, dan akan menjadi gila. Sebuah bom energi kebinatangan akan meledak di tubuhnya, membuatnya merasa seperti pemangsa yang kelaparan di tengah hutan. Menjadi orang yang pemalu dan sopan apa adanya, itu adalah hal yang sulit untuk dihadapi. Sulit untuk memahami apa energi itu, dan bahkan lebih sulit lagi untuk belajar bagaimana bekerja dengannya. Yoga, perhatian, dan pernapasan adalah sekutu utamanya dalam perjalanan ini.
Bahkan bagi mereka dimana kundalini ingin bangkit dan telah bersiap, itu bisa jadi sulit. Kebangkitan dapat membuat tubuh stres saat energi didorong masuk. Ini dapat membawa sensasi berbeda termasuk gemetar, bergetar, gerakan spontan, penglihatan. Praktik pentanahan sangat penting. Dengan menghilangkan delusi diri kita, kundalini dapat menyebabkan kita naik terlalu tinggi. Ya, ini mungkin perjalanan yang indah. Tetapi pada akhirnya kita hidup di Bumi, di dunia material, dan kita perlu berfungsi di sini. Untuk mencapai itu, sangat penting untuk mengetahui cara kembali ke Bumi dan melabuhkan energi yang diterima. Luasnya perluasan kesadaran kita bisa membuat kita kewalahan dan disorientasi.

Saya mengalami pengalaman pertama saya dengan energi yang meningkat selama hubungan seksual. Kejadian pada saya adalah bahwa saya akan mengalami mimpi terkait dengan jiwa orang berhubungan seks dengan saya. Saya sering terbangun karena tidak mampu membedakan kenyataan dari mimpi. Masalahnya menjadi lebih buruk keesokan harinya, karena saya akan merasa terasing, keluar dari tubuh saya, tidak berfungsi, dalam keadaan mimpi yang tidak pernah berakhir. Saya tidak bisa mengatasi kepala saya. Saya, yang selalu bermeditasi begitu banyak, merasakan tubuh mental saya dipenuhi dengan suara. Pikiran saya dipenuhi dengan banyak suara berbeda yang berbicara dengan kecepatan dan volume berbeda. Ini mungkin terdengar aneh tetapi satu hal yang membantu saya pada kesempatan seperti itu adalah makan banyak. Ini hampir seperti makanan yang membawa kembali unsur materialitas, Bumi. Beratnya membawa gravitasi, dan itu membawa saya kembali ke tubuh dan kaki saya. Saya juga belajar bahwa kundalini memengaruhi keadaan mimpi saya dan ketika saya merasakannya meningkat, saya perlu tidur di kamar sendirian.

Sekali lagi, jika hal itu terjadi, mungkin tidak dalam keamanan rumah  atau di kamar tidur dengan pribadi terkasih. Praktik dapat mendukung untuk mempersiapkan wadah, namun pepatah tersebut berlaku: tidak ada yang namanya kontrol. Rasa kendali  berkaitan dengan rasa takut, kebanggaan dan citra diri dan menghancurkan ini adalah beberapa tugas Kundalini.

    “Kundalini dalam kondisi tertidur sangat nyenyak seperti serat tangkai teratai. Dia adalah paling membingungkan dunia, dengan lembut menutupi "pintu" ke pusat Great Axis. Seperti spiral cangkang keong, bentuknya bersinar seperti ular melingkar sekitar tiga setengah kali; Kilau dia seperti kilatan petir kuat; Gumaman manisnya seperti dengungan tak jelas dari kawanan lebah. Dia memelihara semua makhluk di dunia ini dengan cara menghirup dan menghembuskan napas, dan bersinar di rongga wilayah seksual. " Satchakranirupan

Bagaimana Mengaktifkannya ?


Tidak mudah menaikkan energi kundalini dari pangkal tulang belakang sampai ke cakra mahkota. Kadang-kadang kita bisa memulainya di Muladhara, cakra dasar, dan mungkin sampai ke Manipur, cakra ketiga. Tetapi hingga kami dapat menghubungkannya ke bola lampu 1000 watt (Sahasrara, cakra mahkota), kami belum berhasil menstabilkan energi. Ini seperti bola lampu. Terkadang kami hidupkan hingga 50 watt, tetapi paling sering dimatikan.

    Yogi bijak dan luar biasa, akan terpesona dalam ekstasi, diharapkan bersedia untuk memimpin aktivasi Kundalini, bersama dengan daya kehidupan, untuk menyempurnakan persatuan dengan Tuhannya, dimana tinggal di Kediaman Pembebasan dalam bunga teratai murni di pusat kepala. Saat Kundalini bangkit, semua hal terserap ke dalam dirinya. " Satchakranirupana

Shaktipat / shaktivat


Shaktipat adalah transfer energi spiritual dari seorang guru ke muridnya. Selain membawa energi baru bagi siswa, ini membantu energi siswa untuk tetap aktif dan stabil.

Transfer terjadi paling sering dengan sentuhan; misalnya, guru mungkin menyentuh area mata ketiga siswa. Tetapi ada cara lain: dikatakan transfer dapat terjadi dengan penglihatan, melalui mantra, atau kata.

Guru itu tidak menyalurkan energinya sendiri, tetapi energi anggota lampau dari garis spiritualnya di mana tidak lagi berinkarnasi. Shaktipat dipandang sebagai tindakan rahmat, dilakukan oleh guru.

Selain itu, transfer energi tidak perlu dilakukan secara sadar dan resmi. Menghabiskan waktu di sekitar orang-orang dengan kundalini yang terbangun dengan sendirinya merupakan cara untuk merangsang kundalini seseorang.

Gerakan: gemetar dan menari


Terkadang begitu bersemangat untuk naik sehingga lupa bahwa manusia tidak terhubung dengan Bumi. Energi bangkit adalah Shakti. Itu adalah energi feminin murni, Ibu Pertiwi, bergetar. Jika Siwa duduk dan bermeditasi di puncak gunung, Shakti menari di sekitar api. Ada alasan mengapa meditasi Kundalini Osho memiliki empat tahap: goyang, menari, duduk dalam keheningan, berbaring dalam keheningan. Ini adalah jalur getaran dari Shakti ke Siwa.

Libatkan pinggul Anda. Berbunyi, getar. Tubuh Anda adalah medan energi. Tarian chakra, mengguncang tubuh Anda saat Anda merasakan goyangan datang dari kaki Anda dari bumi, menari gaya bebas, dansa perut adalah cara yang bagus untuk merangsang energi.

Tidak ada  kontrol


Seperti dalam setiap latihan spiritual, kejelasan niat dan latihan disiplin sangat penting. Namun, jika dan ketika kita mencapai kebangkitan ini di luar kendali kita.

Peristiwa berbeda dalam hidup mungkin menyebabkan energi ini terurai dan muncul, disengaja atau tidak. Seseorang di mana telah mempersiapkan diri selama bertahun-tahun mungkin tidak akan pernah mengalami peningkatan energi, sedangkan manusi belum pernah mendengarnya dapat memilikinya secara spontan.
“Aku berusaha keras untuk membangunkannya, tapi sepertinya tidak berhasil, ada kesalahan?”

Terkadang manusia mengalami penyumbatan energi kecil. Dalam kasus seperti itu, praktik ringan sudah cukup. Di lain waktu, manusia mengalami penyumbatan energik  besar di tubuh halus di mana tidak akan dilepaskan oleh praktik biasa.

Tubuh halus kita bukanlah satu, tetapi banyak. Dalam banyak tradisi, ada tujuh (meskipun Anda akan menemukan tradisi menyatakan lebih banyak atau lebih sedikit lapisan). Terlepas dari berapa banyak, implikasi praktis dari penyumbatan pada tubuh halus adalah sama. Kundalini mungkin dapat bangkit dengan cara  dangkal melalui beberapa tubuh tetapi tidak dapat melakukan pekerjaan penuh.

Menurut tradisi Bhairavan dan Tantra, manusia dapat membawa penyumbatan energik di chakra dari kehidupan lampau. Hasilnya adalah mereka dapat menyumbat pipa energi. Ini adalah kantong sampah  tua dan berat, karma masa lalu. Tidak peduli seberapa banyak yoga, pernafasan, meditasi, dan shaktipat dipraktekkan,  hail tersebut tidak akan cukup untuk membersihkannya. Jenis pekerjaan intens dibutuhkan dari praktisi dengan imbalan karma dibersihkan. Dalam kasus seperti itu, seseorang perlu menemukan gurunya. Guru dapat membuat diagnosa tepat untuk tubuh halus dan menerima informasi dari atas tentang jenis sadhana (latihan) untuk menghilangkan masalah tersebut.

Ketika pertama kali berlatih tantra, kami dipindai oleh guru. Dia melihat adanya penyumbatan pada chakra Manipur kami. Sadhana untuk membuka blokir itu memakan waktu dua bulan. Sebagian besar tidak berat, diperlukan satu jam meditasi sehari dengan mantra tertentu. Hal tersebut merupakan protokol khas dalam baris tantra ini. Latihan ekstra adalah ritual khusus dapat dilakukan pada bulan purnama dan bulan baru. Hal itu tidak biasa dan sakral untuk digambarkan di sini.
Sehari setelah ritual pertama, saya pergi ke kelas yoga Vinyasa. Di atas tikar, saya mulai menangis entah dari mana dengan rasa syukur: hal tersebut adalah pertama kalinya bisa merasakan dan melihat kehadiran Siwa Neelkanth. Di kelas itu, saya juga bisa melakukan split untuk pertama kalinya (sudah tidak bisa saya lakukan lagi sejak itu). Saya tahu bukan saya yang melakukan split, melainkan Shiva melalui tubuh saya. Saya telah berlatih yoga untuk waktu lama, tetapi ritual itu mengubah permainan. Sejak itu, menjadi lebih mudah untuk memiliki pengalaman spiritual selama latihan. Jika sebelumnya  tidak memiliki hubungan dengan Siwa, sekarang saya lakukan. Sadhana membersihkan sesuatu jauh di dalam diri saya, dan hal ini bukan hanya tentang tubuh halus saya. Cakra Manipura terhubung ke sistem pencernaan, dan banyak juga yang berubah di bagian tubuh. 

Ketika manusia melakukan pekerjaan ekstensif membersihkan penyumbatan lama, tidak hanya mengerjakan energi kundalini tetapi juga membersihkan karma, di mana menurut saya menarik dengan sendirinya. Di satu sisi, manusia kembali ke keadaan awal, keilahian manusia sendiri. (diterjemahkan dari situs: www,medium,com)
 
Pengertian Kundalini Dan Cara Pengaktifan / Pembangkitannya

 
Courtesy Wikipedia


Eko Heru Nugroho
Eko Heru Nugroho Selamat datang di situs Eko Heru Nugroho. www.deo-reiki.com

Post a Comment for "Pengertian Kundalini Dan Cara Pengaktifan / Pembangkitannya"